Workshop Penyusunan Studi Kelayakan Usaha Dalam Pengembangan Lembaga Pelayanan Kesehatan

pelatihan-gatari2

Dalam menghadapi perubahan lingkungan, rumahsakit harus memiliki produk unggulan yang menjadi titik tumpuan strategi. Tanpa adanya konsentrasi strategi akan membuat daya saing yang menurun. Saat ini rumahsakit yang berbadan hukum yayasan semakin sulit untuk mendapatkan pendanaan dari luar, sementara rumahsakit pemerintah dituntut untuk semakin otonom dalam hal pembiayaan. Disisi lain persaingan di industri kesehatan semakin banyak, baik RS asing dan domestik, produk pengganti alternatif, dan klinik spesifik yang tersebar di berbagai daerah.

Perlu dikembangkan strategi yang fokus pada produk unggulan masing-masing, yang menjadi permasalahan adalah bagaimana menentukan dan mengukur prospek sebuah produk unggulan di rumahsakit anda? Bagaimanakah  meyakinkan investor atau pemilik bahwa suatu produk memang layak untuk menjadi produk unggulan? Untuk itu sebelum menentukan sebuah strategi pengembangan yang akan dilakukan, sangat penting untuk membuat suatu studi kelayakan yang berisi tentang kajian mendalam dari aspek pasar, kapabilitas internal, dan prospek keuangan. Permasalahan yang saat ini banyak muncul adalah pihak pengelola rumahsakit masih banyak yang belum memahami seluk beluk isi studi kelayakan dan bagaimana menganalisis ini menjadi pengembangan strategi di rumahsakit. Hal ini akan lebih sulit ketika ada pihak investor atau kreditor menanyakan kepada pengelola mengenai dokumen studi kelayakan.

 

Tujuan

Workshop ini secara umum bertujuan untuk memandu peserta dalam membuat studi kelayakan usaha untuk mengembangkan produk unggulan di rumahsakit. Secara khusus tujuan workshop ini adalah:

  • Diharapkan setelah selesainya pelatihan, peserta mampu memahami posisi penting studi kelayakan dalam pengembangan produk unggulan.
  • Peserta mampu memahami template standar dari studi kelayakan yang berlaku baku.
  • Sensitif dalam melihat data yang diperlukan untuk membuat keputusan kelayakan suatu pengembangan rumah sakit.
  • Mampu melihat potensi produk unggulan dari studi kelayakan yang dibuat.

 

Penyelenggaraan

Pelatihan ini direncanakan dilaksanakan selama tiga hari. Penyelenggaraan sebagai berikut :

Tanggal: 10 – 12 September 2015

Lokasi: Yogyakarta

Investasi Peserta : Rp.3.000.000,00 (tiga juta rupiah) per peserta

 

Sasaran Kepesertaan

Workshop ini diharapkan dapat diikuti oleh Sumber Daya Manusia dalam Organisasi :

  • Tingkat Pimpinan Organisasi yang berperan strategis dalam pengambilan keputusan investasi
  • Tingkat Manajerial, terutama manajer tengah ke atas.
  • Pada posisi staf, khususnya pada bagian perencanaan dan program.
  • Masyarakat luas atau kalangan akademis yang memerlukan.

 

Fasilitas

Fasilitas kepada peserta dalam pelatihan ini adalah :

  1. Workshop Kit
  2. Sertifikat
  3. Goody Bag
  4. Coffe Break
  5. Lunch

 

Syarat dan Ketentuan

  • Biaya investasi tersebut di atas tidak termasuk transportasi dan akomodasi bagi peserta.
  • Syarat dan ketentuan lain terkait dengan pelatihan dapat dilihat pada formulir pendaftaran.
Posted in Pelatihan.