Workshop Penyusunan Strategi Dan Rencana Pemasaran Dalam Pengembangan Lembaga Pelayanan Kesehatan

pelatihan-gatari2

Dalam menghadapi perubahan lingkungan, rumahsakit harus memiliki produk unggulan yang menjadi titik tumpuan strategi. Tanpa adanya konsentrasi strategi akan membuat daya saing yang menurun. Di sisi lain persaingan di industri kesehatan semakin banyak, baik RS asing dan domestik, produk pengganti alternatif, dan klinik spesifik yang tersebar di berbagai daerah. Maka kemudian dikembangkan perencanaan yang fokus pada produk unggulan masing-masing, yang menjadi permasalahan adalah bagaimana perencanaan tersebut kemudian dapat menjadi suatu pedoman dalam pencapaian kinerja operasional.

Setelah produk direncanakan dan diukur, masalah yang timbul adalah bagaimana perencanaan produksi tersebut dapat menjadi “jalan” dalam mencapai tujuan keuangan. Untuk itu diperlukan “jembatan” sebagai pedoman kerja dalam pencapaian tujuan organisasi, terutama dalam tujuan keuangan. “Jembatan” tersebut adalah suatu strategi yang terangkum dalam suatu detil perencanaan untuk mencapai tujuan. “Jembatan” tersebut adalah strategi dan perencanaan rinci bidang pemasaran yang berfungsi mengarahkan sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan materiil melalui Sumber Daya Manusia.

Strategi dan perencanaan pemasaran merupakan bagian tak terpisahkan dalam sebuah perencanaan usaha suatu organisasi. Namun demikian sebagaimana perencanaan dan strategi harga, perencanaan dan strategi pemasaran dapat berdiri sendiri bila dipandang penting sebagai pedoman utama suatu organisasi.

 

Tujuan

Workshop ini secara umum bertujuan untuk memandu peserta dalam memahami dan menyusun sebuah strategi pemasaran yang kemudian dituangkan dalam sebuah perencanaan pemasaran organisasi. Secara khusus tujuan workshop ini adalah:

  • Diharapkan setelah selesainya pelatihan, peserta dapat mulai memahami perilaku pasar.
  • Peserta mampu membaca peluang pasar dari studi yang dilakukan.
  • Peserta emahami pentingnya semangat kerjasama tim.
  • Peserta dapat memahami analisa SWOT dalam pemasaran.
  • Diharapkan mampu melihat promosi yang tepat guna.

 

Penyelenggaraan

Pelatihan ini direncanakan dilaksanakan selama tiga hari. Penyelenggaraan sebagai berikut :

Tanggal : 8 – 10 Oktober 2015

Lokasi : Yogyakarta

Investasi Peserta : Rp.3.000.000,00 (tiga juta rupiah) per peserta

 

Sasaran Kepesertaan

Workshop ini diharapkan dapat diikuti oleh Sumber Daya Manusia dalam Organisasi :

  • Tingkat Pimpinan Organisasi yang berperan strategis dalam pengambilan kebijakan
  • Tingkat Manajerial, terutama manajer tengah ke atas.
  • Pada posisi staf, khususnya pada bagian pemasaran.
  • Masyarakat luas atau kalangan akademis yang memerlukan.

 

Fasilitas

Fasilitas kepada peserta dalam pelatihan ini adalah :

  1. Workshop Kit
  2. Sertifikat
  3. Goody Bag
  4. Coffe Break
  5. Lunch

 

Syarat dan Ketentuan

  • Biaya investasi tersebut di atas tidak termasuk transportasi dan akomodasi bagi peserta.
  • Syarat dan ketentuan lain terkait dengan pelatihan dapat dilihat pada formulir pendaftaran.

 

Posted in Pelatihan.