Workshop Penyusunan Strategi Dan Rencana Usaha Berbasis Unit Strategis Di Lembaga Pelayanan Kesehatan

pelatihan-gatari2

Paradigma rumah sakit sebagai sebuah lembaga usaha, dimana unit-unit pelayanannya didorong untuk menggunakan sumberdaya secara efisien untuk menghasilkan produk terbaik masih merupakan hal yang baru bagi kebanyakan pengelola rumah sakit milik pemerintah. Hal ini terjadi karena masih terpengaruh oleh pola lama pengelolaan rumah sakit milik pemerintah dimana seluruh perencanaan dan anggaran ditentukan oleh pemerintah sedangkan rumah sakit milik pemerintah hanya sebagai pelaksana. Dalam kondisi ini sangat kurang dorongan untuk melakukan inovasi pelayanan, apalagi yang sifatnya untuk kepentingan jangka panjang.

Sementara itu, dilihat dari sisi lain, sebagai sisi organisasi usaha swasta, rumah sakit – rumah sakit swasta saat ini juga menghadapi berbagai dilema dalam operasionalnya. Dilema tersebut adalah dengan adanya tuntutan peningkatan mutu produk dan layanan serta adanya tingkat persaingan yang semakin tinggi. Terutama dengan mulai dibukanya perdagangan global, yang dimulai dengan AFTA, yang mendorong semakin banyaknya modal asing masuk tak terkecuali di industri kesehatan. Dengan kondisi demikian rumah sakit swasta dituntut untuk efisien dan efektif dalam pengelolaannya.

Melakukan pengembangan rumah sakit tidak  mudah, karena banyak faktor yang mempengaruhi. Pelayanan kesehatan merupakan industri padat modal, padat karya, dan padat teknologi serta resiko tinggi. Dengan adanya persaingan yang semakin hari semakin meningkat dalam industri kesehatan ini akan menimbulkan pengaruh signifikan terhadap kinerja rumah sakit di dalamnya. Untuk menyikapi hal tersebut maka diperlukan suatu alat dalam membantu pengelolaan operasional rumah sakit. Alat tersebut salah satunya adalah perencanaan strategis usaha.

Poin penting perencanaan tersebut dapat dimulai dengan perencanaan model “bottom up” yang mendayagunakan peranan unit usaha dalam suatu organisasi, sebagaimana unit atau instalasi di rumah sakit, sebagai elemen terkecil yang memegang peranan penting dalam berhadapan langsung dengan pasar atau penggunanya. Fungsi penyusunan perencanaan usaha tersebut lebih kepada pencapaian tujuan usahanya, baik dari sisi ekonomi maupun sosial. Sementara di sisi lain diharapkan pada masa perkembangannya unit pelayanan dalam rumah sakit tersebut dapat menjadi unit yang memiliki kinerja yang mendukung organisasi rumahsakit sehingga dapat menjadi elemen organisasi yang secara operasional menjadi efisien serta terkendali secara efektif.

 

Tujuan

Tujuan umum dari workshop ini adalah meningkatnya wawasan dan ketrampilan staf kunci di rumah sakit dalam hal mengembangkan pelayanan dan operasional melalui perencanaan strategis yang konprehensif.

Adapun tujuan khusus yang ingin dicapai dengan pelaksanaan workshop ini mencakup :

  1. Pemahaman konsep strategis pengembangan usaha.
  2. Pemahaman konsep pencapaian tujuan usaha.
  3. Pemahaman struktur penyusunan rencana usaha.
  4. Meningkatkan pemahaman sifat organisasi berbasis unit.
  5. Meningkatkan pemahaman indikator pengendalian unit.
  6. Meningkatkan kapasitas perencanaan usaha berbasis unit usaha strategis khususnya berkaitan dengan perencanaan penganggaran.
  7. Mengembangkan plan of action untuk kesinambungan strategi.

 

Penyelenggaraan

Pelatihan ini direncanakan dilaksanakan selama tiga hari. Penyelenggaraan sebagai berikut :

Tanggal : 12– 14 November 2015

Lokasi : Yogyakarta

Investasi Peserta : Rp.3.000.000,00 (tiga juta rupiah) per peserta

 

Sasaran Kepesertaan

Workshop ini diharapkan dapat diikuti oleh Sumber Daya Manusia dalam Organisasi :

  • Tingkat Pimpinan Organisasi yang berperan strategis dalam pengambilan kebijakan
  • Tingkat Manajerial, terutama manajer tengah ke atas.
  • Pada posisi staf, khususnya pada bagian perencanaan dan program.
  • Masyarakat luas atau kalangan akademis yang memerlukan.

 

Fasilitas

Fasilitas kepada peserta dalam pelatihan ini adalah :

  1. Workshop Kit
  2. Sertifikat
  3. Goody Bag
  4. Coffe Break
  5. Lunch

 

Syarat dan Ketentuan

  • Biaya investasi tersebut di atas tidak termasuk transportasi dan akomodasi bagi peserta.
  • Syarat dan ketentuan lain terkait dengan pelatihan dapat dilihat pada formulir pendaftaran.
Posted in Pelatihan.