Workshop Penyusunan Standar Pelayanan Minimal Bagi Lembaga Pelayanan Kesehatan

pelatihan-gatari

Sebagaimana diketahui, tuntutan akan peningkatan mutu pada pelayanan kesehatan saat ini meningkat pesat. Perubahan dinamika lingkungan usaha sangat mempengaruhi hal tersebut. Lembaga pelayanan kesehatan secara otomatis dituntut untuk meningkatkan kinerjanya.

Peningkatan kinerja dalam suatu organisasi dapat ditempuh dengan peningkatan mutu Sumber Daya Manusia maupun peningkatan mutu pengelolaan organisasi. Dari sisi upaya peningkatan mutu pengelolaan organisasi maka disamping peningkatan teknis dan kapabilitas, benchmarking menjadi salah satu alat yang penting.

Dalam melaksanakan kaji banding, tentu dipersyaratkan adanya suatu standar kesamaan dalam bidang tertentu. Terkait dengan layanan di lembaga-lembaga pelayanan kesehatan, standar kesamaan pengukuran dalam kaji banding adalah dengan menyamakan parameter layanan serta membangun dasar batas minimal pelayanan. Dalam kondisi demikian maka penting kiranya organisasi menyusun suatu standar pelayanan minimal dalam operasionalnya.

Lebih khusus lagi bagi lembaga pelayanan kesehatan milik pemerintah, standar pelayanan minimal saat ini telah menjadi salah satu titik kendali atas mutu. Dimana secara hukum, standar pelayanan minimal telah tertuang dalam Undang-Undang No.44 Tentang Perumahsakitan. Dalam peraturan tersebut, standar pelayanan minimal menjadi indikator penilaian kinerja rumah sakit.

Tidak hanya sebagai indicator pelayanan kinerja, bagi lembaga pelayanan kesehatan milik pemerintah, standar pelayanan minimal tersebut juga menjadi salah satu persyaratan untuk mencapai status Badan Layanan Umum / Badan Layanan Umum Daerah.

 

Tujuan

 

Workshop ini secara umum bertujuan untuk memandu peserta dalam membuat standar pelayanan minimal di rumahsakit. Secara khusus tujuan workshop ini adalah:

  • Peserta memahami persyaratan BLUD
  • Peserta memahami SPM sebagai salah satu persyaratan administratif BLUD
  • Peserta memahami langkah-langkah penyusunan SPM
  • Peserta memahami cara dan mampu menyusun SPM
  • Peserta mampu menyusun rencana pencapaian SPM
  • Peserta mampu menyusun draft peraturan kepala daerah tentang SPM

 

Penyelenggaraan

Pelatihan ini direncanakan dilaksanakan selama tiga hari. Penyelenggaraan sebagai berikut :

Tanggal : 22 – 24 OktoberĀ 2015

Lokasi : Yogyakarta

Investasi Peserta : Rp.3.000.000,00 (tiga juta rupiah) per peserta

 

Sasaran Kepesertaan

Workshop ini diharapkan dapat diikuti oleh Sumber Daya Manusia dalam Organisasi :

  • Tingkat Pimpinan Organisasi yang berperan strategis dalam pengambilan kebijakan
  • Tingkat Manajerial, terutama manajer tengah ke atas, terutama bidang pelayanan.
  • Pada posisi staf, khususnya pada bidang pelayanan, teknis, dan jaga mutu.
  • Masyarakat luas atau kalangan akademis yang memerlukan.

 

Fasilitas

Fasilitas kepada peserta dalam pelatihan ini adalah :

  1. Workshop Kit
  2. Sertifikat
  3. Goody Bag
  4. Coffe Break
  5. Lunch

 

Syarat dan Ketentuan

  • Biaya investasi tersebut di atas tidak termasuk transportasi dan akomodasi bagi peserta.
  • Syarat dan ketentuan lain terkait dengan pelatihan dapat dilihat pada formulir pendaftaran.
Posted in Pelatihan.